3 Days Detox with Cold Press Juice

12:35 PM

Awal bulan Agustus ini, aku sempat ditawarin Cold Press untuk mencoba 3 days detox juice dari mereka.
Sebelumnya agak ragu karena tidak yakin bisa menjalankan program detox.

Tapi setelah beberapa pertimbangan, aku finally memutuskan untuk terima tawaran detox dari Cold Press.


Cold Press sendiri punya beberapa program pilihan untuk 3 days detox juice, yang bisa kamu cek disini.
Aku tentu saja pilihnya program Skin Glow & Weight Maintainance program.

Skin Glow & Weight Maintainance Program
6 bottles for a day of detox.

Kalau mengikuti rules detox dengan benar, Cold Press menjanjikan penurunan 2kg dari 3 days detox program ini. Nah pertanyaannya, apakah aku berhasil? Keep on reading to find out the answer ya! 

Sebelum memulai detox, aku terlebih dahulu diberi arahan oleh tim Cold Press, supaya nantinya ketika mulai detox, badan aku (dan aku sendiri) tidak kaget. Karena it's not gonna be easy, but trust me it is not that hard either ;)

Few days before detox, aku disarankan mulai mengurangi asupan makanan, terutama daging-dagingan, kemudian memperbanyak konsumsi sayur dan buah, supaya badan lebih relax.

Dan karena judulnya aja udah "Detox" alias bersih-bersih, tentu saja during the progress, aku cuma diizinkan mengkonsumsi jus yang sudah disiapkan oleh Cold Press sendiri, dan diizinkan nyemil beberapa potong semangka dan timun. Air putih tentu saja diizinkan as much as needed.

Day 1 - Counting Ticking Time.

Aku jarang sekali sarapan di pagi hari (okay, I know this is not a good habit), dan biasanya baru lunch atau mulai mengisi perut itu sekitaran jam 2-3 siang dimana jam sibuk aku sudah berlalu.

Jadi aku sendiri cukup lambat minumin jusnya, untuk nomor 1, baru aku habiskan di kisaran jam 12. Karena ukuran botol jusnya juga cukup besar, dan aku tidak terbiasa minum dengan tegukan besar, dan tidak terbiasa minum dengan cepat juga.
Dari bangun pagi sampai jam 12 siang, aman damai. I have no problem at all.

But when it hits my lunch time, which is kisaran jam 2, I started to starve..!
Aku mulai minum botol jus selanjutnya.
Ajaibnya sih, laparnya reda dengan cepat, I assume itu karena 1 botol Cold Press penuh dengan serat dan nutrisi, karena Cold Press hanya terbuat murni dari sayur dan buah, tanpa tambahan air dan gula.

1 Cold Press = 2 Glasses
Dan harus diakui, tidak terbiasa doing liquid detox begini, rasanya memang sedikit lebih berat.
Hari pertama berjalan sedikit tersendat di jam makan siang, dan di jam sore menjelang malam, dimana biasa aku ngopi dan ngemil. But still thanks to Cold Press, 6 bottles a day is more than enough. Di jam sore, aku cemil beberapa potong semangka ditemani setengah botol Cold Press.
Selewat jam itu, I'm doing very well! Yay~

Day 2 - Practice Makes Perfects.

Bangun tidur, yang pertama terpikir adalah step on my scale, alias TIMBANG..!! Haha..
Berhasil ngelewatin 1 hari tanpa makan, rasanya ajaibb! Ini mungkin pertama kalinya aku naik ke timbangan tanpa rasa deg-degan hahaha..

And I lost 0.7kg in a freakin' day!!!
I was like "WHATTTT nyaris 1kg dalam 1 hari???? OMG..! OMG..!!" Lol, sorry but this is a huge achievement, okay. Kekekekeee...

Hari ke 2, jujur saja, jam laparnya mirip dengan hari pertama, yaitu jam aku makan siang.
Bedanya hari ke 2 ini, sore aku lebih bisa beradaptasi dengan nyemil buah. Sebelum otak aku mulai nyari cemilan, aku sudah mulai ngunyah semangka, dan Cold Press-ing, sambil enjoying jam sore aku yang biasa aku isi dengan baca buku atau nonton TV sejenak. I don't like cucumber, in case you wondering.

One of my fave picks!

Day 3 - Detox Has Never Been This Easy!

Okay terdengar sombong, I guess. Haha.. Tapi harus diakui, mastering 2 days of liquid detox, hari ke 3 ini semacam hari yang paling aku nantikan.
Karena selain ini hari terakhir, deep inside juga aku semacam bangga bisa berhasil ngelewatin 'tantangan' untuk kontrol diri.

Sama dengan hari sebelumnya, bangun pagi langsung semangat melompat ke timbangan.
Shed another tepat 1kg hari ini.

Dengan ngeliat angka timbangan hari ini aja, udah semangat banget untuk jalanin detox hari ke 3.
And trust me 3rd day was the easiest..! Almost no hunger attact, dan sore aku bahkan gak cemil semangka lagi, saking semangat pengen lebih banyak lagi turun berat badannya mungkin haha!

Berries inside!
Di hari ke 3 ini, aku kembali nge-gym dan boxing, seperti sebelum mulai detox. Sempat takut bakal lemes, ternyata malah body terasa lebih enteng dan bugar!

Keesokan harinya, timbangan aku turun 0.9kg, so I lost 2.6kgs in total..!
3 hari diet dan it's almost 3kgs, I am definitely more than happy and satisfied.

Nah sekarang mungkin kamu wondering, apakah berat badan aku kembali lagi setelah selesai melakukan liquid detox begini?
Answer is, sampai dengan hari ini berat badan aku keep dropping!

Why? Aku sempat khawatir berat badan aku akan bounce back within a few days karena aku pastinya akan mulai makan seperti biasa.
Tapi ternyata setelah 3 hari detox dengan Cold Press, nafsu makan aku jauh jauh jauh berkurang dibanding biasanya.

Karena sudah terbiasa selama 3 hari berturut-turut setiap kali lapar maka segera minum, selesai detox pun aku jadi melakukan hal yang sama. Jadi yang normalnya adalah jam aku ngemil, aku jadi tidak terlalu kepengen ngemil. Setiap ada tanda-tanda lapar, otomatis yang dilakukan adalah minum.

Dan during makan pun, porsi makan aku jadi berkurang jauh. Gampang kenyang dan kurang tertarik dengan makanan berat karena setiap selesai makan yang agak berat, rasanya mual dan begah.

Dengan pola makan seperti itu, aku juga maintain dengan rutin olahraga, I always go for body weight training dan boxing minimal 4x, maksimal 5x dalam seminggu dengan jam latihan tidak lebih dari 2 jam.

Overall, Skin Glow & Weight Maintainance 3 days detox program ini membantu banget untuk aku yang sempat mengalami problem dalam penurunan berat badan.
Sebelum melakukan detox ini, aku sempat mengalami weight loss and muscle stuck, dimana muscle aku tidak grow dan fat aku stuck di angka yang sama padahal pola makan sudah diatur.
To my body, program ini seolah 'me-refresh' badan aku sehingga ketika kembali ke diet plan normal, fat mulai berkurang dan muscle mulai grow kembali.

Dan FAQ dibawah ini aku siapkan murni dari pengalaman dan opini aku, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sudah tersimpan di benak kamu sekarang ini.

1. Q : During detox, apakah badan terasa lemas atau mungkin jatuh sakit?
   A : Salah banget kalau berpikiran bahwa liquid detox dari Cold Press ini dapat memicu jatuh sakit, karena asupan 6 botol jus yang telah diracik khusus oleh Cold Press sangat kaya nutrisi dan serat. 
Bahkan menurut aku, 6 botol jus ini bahkan lebih bergizi untuk tubuh kita dibanding pola makan sehari-hari kita yang belum tentu mengkonsumsi sayur dan buah dengan cukup.
Sedangkan untuk lemas, harus diakui, hari pertama iya. Karena tubuh tidak terbiasa hanya menerima cairan, otomatis lebih lemas, tapi masih dalam kadar normal, terkontrol dan tidak sampai pusing/mual/pingsan.

2. Q : Kepengen makan gak during detox begini?
   A : PASTINYA..! Hari pertama, godaan terbesar untuk batal pastinya karena liat makanan. Entah itu masakan rumah, jualan pinggir jalan, ngelewatin restoran, dan lain-lain yang terkadang dalam keadaa normal, kita bahkan tidak tertarik untuk beli/makan.
Jadi setiap ada 'godaan' untuk makan barang cuma secicip, aku akan bilang ke diri sendiri, "Enaknya cuma sampai di leher kok, setelah itu cuma bersisa penyesalan." Kemudian kunyah semangka. Haha..

3. Q : Gimana rasa jus dari Cold Press ini? Enak kah? Bau kah? Pahit kah? 
   A : Even my son like the juice so much! 1-2 botol ada yang ketara berbau seledri, dan jus nomor 3 cukup kuat perpaduan aroma jahe dan beet-nya. Tapi ketika diminum, none of it tasted awful!
Thumbs up untuk team Cold Press for the great job!

4. Q : Bagaimana sih efek liquid detox ini ke sistem pencernaan?
   A : Beberapa teman starting to worry kalau aku akan beser (bolak-baik buang air kecil) during my detox, mengingat yang dimasukkan semua adalah cairan. And yet, no such thing like beser.
Buang air kecil tentu lebih sering daripada biasanya karena cairan yang dimasukkan jauh lebih banyak, tapi tidak mengganggu, tetap dapat ditahan juga seperti biasa. Dan buang air besar pun seperti biasa, tidak ada sembelit ataupun diare. Everything is just fine!

*Note: FAQ versi Cold Press bisa dibaca disini

Jadi, tertarik kah untuk nyobain 3 days detox dengan Cold Press ini? Karena aku akan ngadain giveaway yang berhadiah 1 day detox yang tentunya disponsori oleh Cold Press ini di Instagram aku. So make sure you've done following my IG @Wholovesvanilla ya.

Win us..! Follow IG @Wholovesvanilla for more updates!
Dan kalau ada pertanyaan yang berhubungan dengan Cold Press, feel free to drop your comment di kolom dibawah ini ya. I will be happy to reply.

Big thanks to Cold Press yang sudah berhasil menurunkan 2.6kgs berat badan aku, thanks for sending me these, dan juga thanks to you yang sudah mampir! Till my next post ya.. Bye!



You Might Also Like

0 comments