Holiday Make Up: Summer Days Touch Up 101

9:16 AM

Hello everyone!
It's mid years, yang artinya MUSIM LIBURAN..!
Mengingat Juni adalah masa dimana anak sekolah libur, dan juga coming soon libur Lebaran, tentunya sudah siap dengan rencana travelling dong?

Well me, I've just got back from a short trip to Singapore dengan sahabat aku, dan disana kebetulan lagi summer banget, yah emang sih SG sama seperti Jakarta, yang hanya punya musim hujan dan panas.

But anyway ini panasnya pake banget, so when we walk outside, gerahnya ga nyantai! Bawaannya mau kabur masuk malls atau coffee shop terus :(

Dan ngomongin cuaca panas, I got a lot of compliments from my friends on how my makeup still in place sampai malam. Hehe..
Karena ini juga, aku jadi kepikir untuk berbagi tips and trick on how to keep your makeup in place biarpun lagi travelling ke tempat yang hawanya panas.

Hi from Gardens by the Bay
Musuh utama makeup tentunya pada tau dong, tak lain tak bukan adalah OIL, atau MINYAK!
Dan hawa panas cenderung bikin wajah kita terus memproduksi minyak berlebih, yang akibatnya akan bikin makeup luntur. Jadi supaya tidak kalah dengan cuaca, hari ini aku mau share 3 produk touch up andalan, yang selalu aku bawa kalau travelling ke tempat yang cuacanya sedang panas.

Touch-up Trio

1. Makeup Setting Spray.
My pick: Make Up For Ever - O2 Mist & Fix.
Setting spray ini tersedia dalam ukuran kecil (travel size) yang menurut aku cukup ideal untuk masuk dalam tas tanpa bikin berat/bulky.

Spray ini by far, adalah produk yang paling bisa mengontrol minyak di wajah aku, dan juga membantu banget untuk meratakan makeup yang udah mulai cracking.
A little downside dari produk ini adalah baunya yang sedikit aneh, tapi don't worry. It doesn't last long. Once disemprot memang akan tercium bau yang cukup menyengat, tapi menit kemudian baunya sudah hilang. So it is not a big deal, even for a person like me, yang cukup sensitif dengan bau-bauan.

MUFE Mist & Fix
Produk ini bisa kamu beli di seluruh counter dan boutique Make Up For Ever Indonesia, dan khusus untuk travel size seperti di foto, bisa kamu dapetin hanya di seluruh Sephora Indonesia.

Harga.
Full size 125ml: Rp. 460.000,-
Travel size 30ml: Rp. 200.000,-

2. Blotting Sponge.

My pick: Beauty Blender - Blotterazzi.
Kenapa blotting sponge instead of blotting paper?
Blotting paper mungkin lebih tipis dan hemat space, but I seriously never like them apalagi untuk travelling. Blotting paper cenderung merusak makeup dan bikin makeup luntur, biarpun pemakaiannya hanya ditempel, karena basically tekstur kertas minyak itu memang tidak dirancang untuk meratakan makeup, tapi hanya untuk menyerap minyak di wajah.
Dan yang namanya kertas minyak atau oil film, setiap kali menempel di permukaan yang lengket, pasti akan menempel, jadi jangan heran kalau setelah blotting dengan oil paper makeup jadi cemong, dan di kertas minyaknya juga tertempel makeup.

I like blotting sponge instead of many many blotting technology these days, karena menurut aku, blotting sponge Beauty Blender ini selain untuk blotting, juga bisa meratakan makeup yang mulai bergeser, karena teksturnya mirip banget dengan Beauty Blender biasanya.
Dan setelah aku perhatikan, blotting sponge ini juga cenderung hanya menyerap minyak secukupnya.
Kalau normally setelah menggunakan kertas minyak, wajah kita terasa squeeky oil-free alias kering dan shine free, beauty blender ini justru tidak benar-benar bikin wajah jadi 'kesat'. Dan juga there's still a hint of oil tapi tenang, karena ketika dipegang, akan terasa kalau di wajah itu tidak lagi berminyak, tapi juga tidak kesat. Oh well, I just love this tools so much!

Beauty Blender - Blotterazzi
2 reuseable and washable blotting sponges
Produk ini bisa dibeli di seluruh Sephora Indonesia.
Harga: Rp. 360.000,-/set (2pcs of blotting sponge, wash and reuseable)

3. Compact Powder.

My Pick: Make Up For Ever - White Definition.
Khusus untuk step ini, kamu boleh replace the powder with your favourite brand, hanya saja pastikan itu compact powder ya, bukan bedak tabur. Gamau drama kan bedak tumpah di baju, or bertebaran kena angin!

Well, MUFE White Definition ini adalah favourite aku.
Kalau kamu follow Instagram aku, kamu pasti sudah beberapa kali liat bedak ini seliweran di timeline aku. I just love it sow much! :)

MUFE White Definition ini aku banget, karena aku kurang suka makeup yang thick, terutama untuk foundation dan bedak. Aku penganut aliran makeup ringan, and that is why.
Dan menurut aku, bedak ini sangat bisa doing the touch-up job. Karena bedak ini bisa diaplikasikan thick and thin. Kalau untuk touch-up, 1 layer sudah more than enough, dan bedak ini juga in my opinion working very nice on controlling my oils. Jadi normally untuk seharian, aku hanya 1 kali touch-up and that's enough.

MUFE White Definition - Hit pan! :D
Produk ini bisa kamu beli di seluruh counter dan boutique Make Up For Ever Indonesia, dan juga Sephora Indonesia.

Harga.
Compact Case: Rp. 90.000,-
Powder Refill: Rp. 600.000,-

Now how to use these three?

I always start with setting spray terlebih dahulu karena sebelum touch-up, paling penting adalah kontrol minyaknya terlebih dahulu.
Kenapa tidak di blot dulu, karena blotting tanpa spraying sama aja mengundang wajah untuk memproduksi minyak lebih banyak.
The best way to fight the oils are always SPRAY.. SPRAY.. SPRAY..!!
Karena dengan spray, wajah akan terhidrasi dan lembab sehingga wajah menghentikan produksi minyak.

Kemudian setelah spraying, aku akan diamkan beberapa detik sampai cairan terasa meresap di wajah, dan selanjutnya aku tepuk-tepuk dengan blotting sponge.
Disini tujuannya adalah supaya cairan meresap sempurna dan juga nge-blend di wajah, serta penggunaan blotting sponge, juga sekaligus mengangkat minyak yang berlebih di wajah.
Ingat, jangan terbalik ya. Always spray before blot.

Last, I will complete everything with a simple touch of powder.
Biasanya kalau sudah seharian, area makeup yang cenderung memudar terlebih dahulu adalah area bawah mata dan pipi. Dan untuk powder, aku tidak pernah pakai di seluruh wajah.
Aku hanya akan fokus penggunaan powder sedikit lebih banyak (2 layer) di area bawah mata, dan 1 layer di area dahi, batang hidung, dan dagu.
I always do shading, jadi aku ga pernah apply di daerah tulang pipi dan dagu. Area tersebut cukup dengan spray dan blotting sponge saja karena produksi minyak di area tersebut juga cenderung lebih sedikit. And I want to keep my shading on fleek! Haha..

Sekarang mungkin kamu wondering, kok gak bawa lipstick?
Well, a normal lady will never forget her lipstick! jadi I guess aku ga perlu mention lagi. Karena lipstick adalah benda yang WAJIB kamu bawa, apalagi lipstick bisa di double-use sebagai blush on. Jadi,
mau itu summer spring winter autumn atau badai sekalipun, never leave that stuff! Karena selengkap apapun senjata touch-up kamu, without lipstick, semuanya adalah sia-sia belaka #Eaaa

Dan sekedar tambahan, aku tidak pernah bring along blush on, eyeliner, brow pencil dan lain-lain, karena aku tidak pernah bawa makeup pouch along. Males aja harus carry on benda yang belum tentu terpakai, dan penuh-penuhin slot di dalam tas. Apalagi kadang aku hanya bawa tas kecil or clutch.
Biasanya aku sudah make sure untuk pakai produk yang aman untuk musim panas, waterproof dan tidak gampang beleber. Jadi menghemat waktu touch-up juga :)

Well, last..! Never forget your makeup primer before everything ya!
Karena penggunaan primer yang tepat selain membantu kinerja foundation, juga membantu menjaga makeup agar tetap stay in place, dan juga mengontrol minyak berlebih di wajah. Overall, what you put on in the first place, is the most important!

Now that you know the touch-up tips, I wish you a long makeup life, dan bye-bye makeup luntur..! ^^
If you find this article helpfull, please share it to your friends and family, and leave your comment below so I know what you think about this post.
Thank you for reading and see you on my next post ya!
Messy hair, thanks to the huge fan behind!
Bonus!

You Might Also Like

1 comments